Selasa, 29 Januari 2013

RAHASIA AGAR DI HARGAI SUAMI

Setiap istri tentu ingin dihargai oleh suaminya. Tidak di remehkan, tidak di pandang sebelah mata, atau di maki-maki dan di bentak-bentak. Semua ingin di sayang, di hargai, dan di sikapi secara manusiawi oleh sang belahan hati.

PENGHARGAAN SUAMI TERHADAP ISTRI

Seorang suami yang salih, akan senantiasa teringat sabda Rasulullah:

"Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik bagi istrinya, dan aku adalah yang terbaik dari kalian bagi istriku." (Riwayat Tirmidzi)

Karena itu akan selalu berusaha mencontoh Rasulullah, bentuk penghargaan suami terhadap istri di antaranya:

- MEMBERIKAN PANGGILAN YANG TERBAIK DAN PALING DI SUKAINYA

Suami yang menyayangi, mencintai istri tentu tak ragu untuk mengungkapkan rasa sayangnya, dengan memanggil panggilan "Sayang", "Adik" atau "Adinda" Insya Allah sudah cukup membuat istri senang. Hal ini di contohkan Rasulullah yang senang memanggil Ummul Mukminin Aisyah dengan "Humaira" (yang pipinya kemerah-merahan).

- MEMPERGAULINYA DENGAN LEMAH LEMBUT

Lemah lembut, baik dalam sikap maupun tutur kata, berusaha menjauhi sikap kasar dan keras terhadap istri. Kalau istrinya bersalah atau mengecewakannya, ia menasehatinya dengan santun, tidak dengan makian, bentakan atau tamparan di wajah.

- MURAH SENYUM/MENUNJUKAN WAJAH CERIA

Istri yang selalu melihat senyum dan keceriaan di wajah suaminya, tentu mudah untuk merasaian kebahagiaan. Berbeda bila suami selalu berwajah cemberut, istri akan merasa serba salah dan tak bahagia, karena merasa suaminya tak pernah bisa bahagia bersamanya.

- MEMBERIKAN PUJIAN

Meskipun terlihat sepele, pujian yang tulus dari suami bisa menimbulkan efek spikologis yang sangat besar bagi istri. Pada dasarnya, setiap wanita senang dengan pujian, terlebih dipuji oleh belahan hati yang sangat di cintainya.

- MEMBERIKAN HADIAH

Hadiah adalah pembawa pesan cinta, serta menjadi salah satu bentuk penghargaan suami. Akan lebih berkesan bila hadiah di berikan tanpa pemberitahuan lebih dulu, sehingga menjadi kejutan yang membahagiakan.

- MEMBANTU ISTRI MENGURUS RUMAH

Pekerjaan rumah tangga hampir tak ada habisnya. Suami yang baik, akan berusaha meringankan beban istrinya. Misalnya membanti mencuci, menjemur pakaian, bersih-bersih dan semisalnya. Dengan demikian, istri akan lebih merasa di mengerti, di hargai oleh suami.

- MEMBANTU ISTRI MENGURUS ANAK

Mengerjakan berbagai pekerjaan rumah sekaligus ngurus anak, tentu sangat repot dan menguras energi. Terutama bagi yang anaknya masih batita dan lebih dari satu. Suami mau membantunya, berarti telah mengurangi kerepotan istri dan membuatnya lebih tenang dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan rumah.

- MEMPERHATIKAN KESEHATANNYA

Suami yang menghargai istrinya, akan sangat memperhatikan kesehatannya. Ketika istri sakit, ia segera berusaha mencarikan obatnya, serta lebih perhatian dan menyuruh banyak istirahat.

- BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUANYA

Berbakti kepada orang tua istri atau mertua, juga merupakan wujud penghargaan suami. Bakti suami tersebut akan membahagiakan istro serta kedua orang tuanya.

- MENJALIN SILAHTURAHIM DENGAN KERABATNYA

Penghargaan suami juga bisa di tunjukan dengan menjali silahturahim dari kerabat pihak istri, serta berbuat baik terhadap mereka.

KIAT MERAIH PENGHARGAAN SUAMI

Bagaimana agar seorang istri bisa mendapatkan penghargaan dari suaminya?

Berikut ini beberapa kiatnya:

- MENUNAIKAN KEWAJIBAN-KEWAJIBANYA DENGAN BAIK

Melayani suaminya di tempat tidur, menyiapkan makan dan minumnya, membereskan rumah dan mengurus anak-anak. Bagi wanita, memberikan pelayanan yang maksimal kepada suami dan mencari keridhaannya, menyamai pahala seorang lelaki yang keluar rumah untuk beribadah atau pun berjihad.

- BERSIKAP LEMAH LEMBUT

Rasulullah bersabda kepada Ummul Mukminin Aisyah:

"Wahai Aisyah, engkau mesti bersikap lembut dan jauhilah sikap kasar dan kotor!" (Muttafaq 'alaih)

Wasiat Rasulullah ini hendaknya juga di ingat oleh para istri. Dengan kelemah lembutan, keridhaan dan penghargaan suami lebih mudah teraih.

- TIDAK BANYAK MENUNTUT

Suami tidak suka istri yang banyak menuntut ini dan itu di luar kemampuannya. Sebaiknya istri bersikap qana'ah, menerima dan mensyukuri berapa pun pemberian suami. Bila nafkah dari suami kurang mencukupi, istri bisa membantu melakukan pekerjaan yang sesuai dengan fitrahnya.

- PANDAI BERTERIMAKASIH

Rasulullah bersabda:

"Allah Tabaaraka wa Ta'ala tidak sudi melihar seorang wanita yang tidak berterimakasih kepada suaminya padahal ia selalu butuh kepadanya." (Riwayat An-Nasa'i)

Ucapan terimakasih ini akan membuat suami semakin mencintai dan menghargai istrinya.

- PANDAI MENYENANGKAN HATI SUAMINYA

Dengan selalu menyenangkan hati suami dalam setiap kesempatan, misalnya berdandan yang anggun untuknya, membuatkan makanan kesukaan, memelihara kebersihan, kerapihan rumah dan sebagainya, adalah jalan pintas untuk mengambil hati suami dan mendapatkan penghargaannya.

- PANDAI MENGHIBUR HATI SUAMI

Suami akan lebih menghargai istri yang bisa menghiburnya dan mau menjadi pendengar yang baik untuk menampung segala keluh kesahnya. Sebaliknya, ia akan sangat tersiksa bila istrinya malah sering membuat masalah dan membuatnya susah.

- MENJADI SEBAIK-BAIK PERHIASAN DUNIA

Inilah jurus pamungkas untuk meraih penghargaan suami. Yaitu dengan menjadi sebaik-baik perhiasan dunia baginya. Yang menyenangkan bila di pandang, taat saat di perintah, bisa menjaga rumah dan hartanya saat dia bepergian.

Semoga kiat-kiat sederhana ini, bisa membantu kita semua khususnya ana agar mendapatkan penghargaan dari suami Insya Allah. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar